Minggu, 22 Maret 2009

Kegunhaan Manggis


Bookmark and Share
Pohon Manggis (Gracinia mangostana Linn) adalah sebuah pohon evergreen tropis, diyakini berasal dari kepulauan dan Kepulauan Maluku. Pohon ini tumbuh dengan ketinggian dari 7 sampai 25 meter. Buah juga disebut manggis berwarna merah keunguan ketika matang. Buah manggis dikenal sebagai "ratu", sedangkan durian "raja buah-buahan". Dia berhubungan erat dengan buah-buahan tropis seperti manggis Tombol, dan Rheedia spp.


TUJUAN DALAM MASYARAKAT

Buah digunakan untuk mengobati diare, radang amandel, keputihan, disentri, wasir, sakit, selain digunakan sebagai peluruh dahak, dan juga untuk sakit gigi. Kulit buah digunakan untuk mengobati sariawan, disentri, nyeri otot, sembelit. Kulit batang digunakan untuk nyeri perut. Akar untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Dari segi flavor, buah manggis cukup potensial untuk dijadikan jus.

CARA DALAM MASYARAKAT penggunaan

Untukmengobati disentri digunakan kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong potong, direbus dengan 4 gelas air sampal volume tinggal 1 / 2, setelah dingin disaring Ialu diminum dengan madu bila perlu (2 x hari 3/4gelas).

Untuk mengobati
Diare digunakan kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci dan dipotong potong, direbus dengan 3 gelas air tinggal 1/2nya volume, dan kemudian saring setelah dingin minum dengan madu bila perlu (2 x hari 3/4gelas).

Untuk mengobati sariawan digunakan kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong potong, direbus dengan 3 gelas air sampai volume tinggal 1 / 2, setelah dingin disaring untuk berkumur dan terus diminum (3 - 6 x sehari 2 sendok makan).

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar


:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Followers

 

Khasiat Buah. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com