Minggu, 22 Maret 2009

Khasiat Kurma Bagi Kesehatan


Bookmark and Share
Khasiat sari kurma? Manfaat kurma? perbedaan kurma dengan sarinya itu sebenarnya apaan sih?Mungkin banyak pertanyaan yang seperti diatas , berikut beberapa penjelasan tentang kurma.

Kurma kaya akan kandungan phospate, boron, pottasium dan calcium. Kadar besi dalam kurma mengatur pembentukan hoemoglobin pada sel darah merah dan mencegah anemia,terutama pada ibu hamil. Calcium dan phostpate adalah komponen penting untuk mengatur kepadatan tulang pada anak-anak. Kadar energy yang tinggi pada kurma cocok untuk olahragawan dan pekerja berat. Kurma juga mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Manfaat dan Kegunaan : Efektif Meningkatkan Kadar Trombosit Bagi Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD)
1. Memperkuat daya tahan tubuh thd penyakit.
2. Meningkatkan stamina pria dan wanita.
3. Mencegah pengeroposan tulang (Oestoporosis).
4. Sumber energy bagi olahragawan atau pekerja berat.
5. Mempercepat penyembuhan dari sakit.
6. Sangat baik utk nutrisi ibu hamil, menyusui dan pada masa perencanaan kehamilan
7. Baik utk pertumbuhan tulang pada anak-anak
8. Meningkatkan kadar sel darah dan mencegah anemia
9. Melancarkan buang air besar
10. Memudahkan keluarnya dahak.
11. Aman diknosumsi anak-anak maupun dewasa
12. Aman bagi penderita diabetes (bila tdk berlebihan)



Ibnu Umar meriwayatkan hadits dari Rosululloh SAW " Ada jenis pohon yang berkahnya seperti berkah seorang muslim, yaitu pohon kurma. Komentar Para Ulama dan Ahli Kedokteran tentang Kurma:

1. DR. JabbarAn-nuaimi dan DRAI-amirAbbas Ja'far,

"Kurma mengandung unsur sejenis pengikat rahim yang dapat membantu mencegah pendarahan seusai melahirkan." "Kurma merupakan bahan dasar dari obat baru yang dikenal dengan diostolen, zat ini sangat penting untuk mengatasi reumatic dan beberapa jenis penyakit mata."

2. AI-lmamlbnulQoyyimAI-jauziyyahRohimahulloh,

"Kurma berkhasiat memperkuat lever, memperlancar buang air, menambah libido sex, dan menyembuhkan tenggorokan kering"

3. SyeikhRobi'AI-Qutsaim,

"Para wanita yang bersalin tidak memiliki sesuatu yang lebih baik bagi mereka selain kurma masak."

4. Amru bin Maimun,

"Kalau seorang wanita kesulitan melahirkan, tidak ada yang lebih baik daripada kurma masak, baik yang basah maupun yang kering."

Peranan Kurma Pada Wanita Hamil, Melahirkan, Nifas dan Menyusui :

Dalam kurma terdapat hormon yang mirip dengan hormon oksitosin (hormon yang dihasilkan neurohipofisa, bekerja untuk merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama coitus dan melahirkan) yang membantu proses kelahiran. caranya, hormon oksitosin tersebut menyatu dengan reseptomya memulai kontraksi otot yang teratur secara bertahap, sehingga menyebabkan perluasan leher rahim dan dari situ terjadilah proses kelahiran. Setelah persalinan.hormon oksitosin juga bermanfaat untuk mengeringkan rahim, meningkatkan kontraksi otot-ototnya yang terajut satu sama lain seperti jaring, dan serat otot-otot yang terjaring tersebut berkontraksi sedemikian rupa sehingga menyempitkan celah-oelah rajutan tersebut yang diantara matanya terdapat kantong darah lembut dan mengeluarkan darah. Hal ini menyebabkan berhentinya perdarahan secara bertahap. Serat-serat pembulu darah vena yang berada di sekitar saluran susu di payudarah juga mengalami kontraksi, sehingga menjadikan derasnya air susu ketika saluran-saluran ini beserta air susu yang dikandungnya mengalami kontraksi. Dari sana sempurnalah proses penyusuan anak.

Peranan Kurma dalam Membangkitkan sifat kelembutan dan kebaikan kaum Pria:

Sungguh besar manfaat hormon oksitosin yang diperoleh dari Kurma. Hormon yang sangat bermanfaat ini melunakan hati dan perasaan,menimbulkan sifat kasih-sayang, dan itu muncul secara natural, bukan dibuat-buat.

Peranan Kurma dalam Mengatur Hormon Estrogen:

Telah diketahui adanya unsur lain di dalam kurma yang komposisi dan pungsinya sangat mirip dengan hormon estrogen. Diantara fungsi hormon ini antara lain: Fungsi-fungsi tulang, Payudara, Kulit, Rahim, Hormon FSH yang merangsang kantong buah pelir (scrotum), Memproduksi badan kuning (corpus luteum) LH di dalam ovarium yang menggantung pada ligament besar, Keseimbangan ion-ion dan mineral-mineral di dalam tubuh, Siklusmenstruasi, Distribusilemakdi dalam tubuh, Produksi insulin, Produksi sperma padapria.



Related Posts by Categories



1 komentar:

Ajeng on 22 Maret 2009 pukul 23.08 mengatakan...

Wah..makasih infonya very usefull.Tapi kayaknya kesehatan itu gak mahal,karena kita tidak membelinya. Yg mahal itu menjaganya...:)

Posting Komentar


:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Followers

 

Khasiat Buah. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com